Rekomendasi Cafe Andalan di Jember; Budget-Friendly.

December 20, 2018
Eh nongkrong disini enak ngga sih je? 
Sumpah deh, sering banget aku dapet pertanyaan tentang tempat nongkrong, mulai temen yang sama-sama bukan orang Jember sampai temen asli Jember juga nanya pertanyaan yang sama, dari yang minta rekomendasi buat temen diluar Jember, sampai nanya soal harga dan taste makananya. Udah gitu cuman nanya doang lagi ngga diajakin. Sedih ngga sih?
Sebenarnya kalau mau bikin post macem cafe-cafe Hitz dan sebangsanya dah banyak ya bertebaran dimana-mana. Akupun pernah nulis di website lokal tapi ngga semuanya aku suka.
Kali ini aku bakal nulis 2 rekomendasi cafe favorit aku di Jember, dari aku ngafe sendiri buat nugas sampai niat bawa temen-temen buat ghibah.
Sekali lagi, ini cafe versi aku, emang aku bener-bener suka dateng kesini. 

1. The Anglo-Saxon Tavern
Jadi aku udah suka tempat ini sedari aku baru pindah ke Jember. Sangking seringnya kesini kadang ditanya temen-temen mulai pertanyaan general kek jam buka, rasa, rata-rata harga, sampai pertanyaan aneh-aneh yang mereka pasti tau kalo aku ngga bakal tau jawabannya. Sedihnya lagi kadang mereka juga ngadu ke aku kalo rasanya beda, musik yang diputer ngga kek dulu sampai mas-mas waitersnya ganti juga bilang. Padahal jujur dari dalem hati aku tuh ngga peduli rek :(.Yaa karna aku ngga kerja di Cafe ini. Astaghfirullah. Tapi kalo aja ownernya baca dan mau ngerekrut jd new mate disana aku mau banget, asal makanan terpenuhi dan tinggal pilih, gaji diatas UMR. 



Ada yang unik dari The Anglo-Saxon, bikin beda sama cafe-cafe lain di Jember. Mereka punya konsep sendiri yang emang diterapin ngga cuman di nama aja tapi ke dekorasi tempat, menu sampek social medianya juga. Jadi branding cafe mereka representative Anglo-Saxon atau kalo aku baca-baca itu semacam Roman-Britain gitu emang lebih kental kerasa, makin jelasnya tanya mereka aja deh ya. Dan bisa pas banget tempatnya itu jauh dari keriuhan kota. Sweet little escape. I give them four thumbs for their branding! A very good job!!

photo by GhurilM
Cafenya dibuat sekonseptual mungkin, ada dua tempat indoor dan outdoor. Yang outdoor yaa biasa aja sih ngga ada yang menarik, tapi mereka konsisten pakai meja kayu authentic. Pas buat yang suka ngopi-ngopi sore, pemandangan depannya langsung persawahan. Kalau Kata anak Indie, "kopi senja". 

Paling menarik emang bagian indoornya, aku ngga mau jelasin lengkap ya, buat yang suka foto-foto, disini emang banyak spot unik dan terus dikembangin sama ownernya, jadi ganti-ganti gitu tapi dengan konsep yang sama. Kamu rasain sendiri deh nyamannya.

Dan makanan disini kebanyakan mouthgasm loh. Sama kek aku bilang, brandingnya dapet banget, jadi kalau kamu pertama kesini dan mau nyobain makanan mereka, kamu tanya dulu ya, soalnya namanya tuh unik-unik ya meskipun ngga semua. Minumannya juga sama kek gitu. Worth it kok

Aku suka sama onion ring mereka, ini bukan onion ring biasa loh. Jadi dia kek potato di smash terus ada bawang bombaynya ada dagingnya juga. Ngenyangin sih, aku lupa harganya berapa, pastinya ngga lebih dari Rp 15.000. 

@tast.id
Makanan lain yang perlu kamu coba itu fire chicken wings. Isinya ya spicy chicken wings, banyak dan lumer, terus ada nasi plus salad, ini seingetku around Rp. 15.000. Aku biasanya ngga pesen pake nasi, dan itu cukup buat berdua kalo porsiku.

Buat yang suka manis aku saranin nyoba Miles Creepy. Aku pernah coba dan itu enak, semacam sweet dishes kek pancake tapi layered gt, kek krepes sih kalo di lidahku tapi versi lembut. Dan aku lupa harganya, masih belasan juga kok.

@tast.id
Next, ke minumannya, minumannya ya worth to try semua. Favorit aku yg hot chocolate banana, bisa pesen dingin juga. Rasanya ya kek coklat banana, sungguh ini deskripsi tidak penting, harganya around Rp. 12.000. Kalau kamu minumnya segentong-gentong, aku saranin buat beli lemon atau orange squash, porsinya segelas bir gede banget. Misalkan yang ngga suka minum banyak, bisa pulang-pulang kembung, sangking jumbonya. 

Gimana? Penasaran kan ? Langsung aja pantengin di instagram mereka: @tast.id 
The Anglo-Saxon juga sering dibuat event-event seru loh!
Alamatnya: https://goo.gl/maps/M39LLLZoJWn

2. Club Roppang Jember

@clubroppang

Nah satu ini keknya favorit semua orang juga. Club Roppang ini jualan Roti Panggang dan Indomie. Siapa sih ngga suka Indomie ya kan? Eh apa ada yang ngga suka? sumpah deh kamu melewatkan setitik kebahagiaan duniawi.


Club Roppang Jember ini ada tiga cabang guys, pertama ada di PB Sudirman. Yang kedua ada di Bundaran Bangka, pasti anak Jember udah tau, udah mirip landmark soalnya, namanya Foodness. Kalau yang ketiga namanya tetep Club Roppang tapi ada tambahan BLS karna tempatnya ada di Bernady Land Slawu.

Menurutku yang kedua itu konsepnya kek pujasera modern, karna disana ngga cuman nyediain menu andalan club roppang aja, ada beberapa tenant lain kayak sate taichan, terang bulan warna warni, dan es nancep durian. Jadi emang cocok buat yang bener-bener mau cari makan, atau nongkrong asik sama temen-temen sambil mukbang.

@clubroppang

Nah yang ketiga ini aku ngga bisa kasih komentar apa2 karena belom pernah kesana. Kamu bisa menilai sendiri dari fotonya, udah keliatan cozy apalagi sore-sore gitu kan. Cuman karena jaraknya juga lumayan jauh jadi mau kesini gagal-gagal terus.


@clubroppang
Yang pasti favorit aku ya di PB. Sudirman, tempatnya pas buat kerja atau ngerjain tugas dan nyekripsi. Buat kamu yang pengen sekedar ngerjain tugas di luar sendirian, tapi ngga mau dipandang aneh, tempat ini cocok pake banget. Especially weekdays kamu pasti bakal sering lihat banyak yang datang sendirian dan sibuk sama laptop masing-masing kek aku. Cuman kamu harus pinter-pinter nentuin jamnya juga. Aku lebih suka kesini siang atau sore, soalnya belom terlalu riuh, kalau ngga ya bener-bener habis adzan maghrib. Kadang tempatnya rame sampai penuh kalau udah agak malem. Penuh loh ya, jadi udah ngga ada tempat duduk lagi buat kamu.

Rata-rata harganya juga ngga terlalu sakit kok dikantong. Aku lebih suka Indomie daripada Roti panggang jadi pengeluaranku lebih murah, apalagi indomie ngga masak sendiri rasanya jauh lebih enak. Biasanya aku pesen Indomie kuah telor setengah matang kornet pedas biasa, harganya aku lupa, dan  bisa request pedesnya gitu. Terus minumnya Juleha, Juleha ini soda pake mint, harganya cuman Rp. 8.000. Pas lagi laper biasanya aku juga nambah sate taichan, kalau ngga salah nih around Rp. 12.000. Sate taichannya worth to try, kamu harus banget coba.

Eh fyi aja, internet disini lumayan kenceng, jadi pasti betah.
Bisa langsung ke Instagram mereka aja ya di Club Roppang Jember


Sebenernya masih banyak cafe-cafe di Jember yang cocok buat ngumpul sama temen-temen ataupun dateng solo karir. Dua diatas yang favorit aku banget, bakal aku share ke kalian sisanya kapan-kapan ya kalau ngga males nulis lagi. hehe
Jadi cafe mana favorit kamu?


13 comments:

Powered by Blogger.