One Day Trip di Jember, Mengulas Tentang Tembakau.

April 02, 2018
1D Trip memang jadi alternatif liburan kalau kita cuman punya waktu yang amat sangat mefet. Meskipun kedegarannya singkat banget liburan cuman sehari, ternyata kalau kita bisa ngatur waktunya bakal jadi liburan seru loh.

One Day Trip pastinya dateng ke beberapa tempat dong, ngabisin satu hari untuk jalan-jalan berkeliling kesatu tempat ke tempat yang lain.Tapi kalau ke Jember, mau kemana aja ya?

Sebelum ikutan FamTrip bareng Komunitas Social Media Jember yang diadain oleh Dinas Pariwasata. Aku juga mikir keras tuh "emang ada apa aja? Paling Pantai". Before we are jumping into the destination lemme tell you the story about that awesome FamTrip. 



Actually, I prefer to go travel in small group consist of 2-5 person.Dan Famtrip ini adalah pengalaman pertamaku pergi traveling bareng orang sekampung, engga sih ini cuman perumpamaan, ngga sekampung juga kok. Keknya dua desa.

Trip yang diadain oleh Dinas Pariwasata Jember ini mengundang orang-orang dari beberapa platform social media, tentunya yang ada di Jember. Rombongan sekampung yang banyak abis ini terdiri dari Duta Pariwisata, Duta Batik, vidiografer, fotografer, pilot drone, youtuber, blogger, hingga admin social media Jember yang tergabung dalam Location  (Local Creative Online). 

Dan ternyata eh ternyata, di Jember ini ada beberapa tempat asik yang bisa jadi rekomendasi buat kamu yang mau ngabisin waktu seharian di Jember. 
And you can go to:

1. Museum Tembakau



Tempat wisata edukasi yang satu ini letaknya di Jalan Kalimantan, deket banget sama Kampus Unej. Which is tiap hari aku lewatin, tapi ngga pernah tau kalau di belakang kantor UPT PSMB-Lembaga Tembakau Jember ada Destinasi Educatif yang patut dikunjungi.

Di tempat ini aku dan teman-teman rekreasi sekampung (Soalnya banyak kek rekreasi) disajikan tari can macanan kadduk dan tari lahbako. Dua seni budaya asli Jember benar-benar bikin more excited.

serem ya
Tari lahbako yang menggambarkan kehidupan petani tembakau memang selalu ditampilkan saat opening event-event di Jember. Kalau yang can macanan itu kayak barongsai versi lokal gitu, karena kostumnya terbuat dari tali rafia, of course diiringi oleh musik tradisional

Kemudian ada satu lagu yang terngiang-ngiang di otak:
"Jember Pandhalungan,  Jember Pandhalungan"

photo by Nana Warsita
I was not born here, but I'm feeling so proud tho. Fun Fact: Aku nyanyi lagu ini selama semingu penuh sampai temen-temen lain ikutan juga. Coba deh cek di youtube, enak loh, bikin nagih liriknya. Ada tariannya juga tapi pas nari bareng jomplang banget sama penari didepan. Kita semua dah kayak emak-emak lagi zumba.

Setelah menari-nari layaknya senam pagi. Kita semua digiring (dah kek bebek aja pake kata di giring) ke dalem museumnya. 



First impression masuk udah disuguhi aroma-aroma khas tembakau.
Buat perokok sejati, ini bisa jadi wadah edukasi buat kamu biar taunya bukan asal sebat-sebat doang, tapi paham proses, sejarah dan wawasan lainnya tentang rokok. Buat yang bukan perokok, museum ini tetap worth it dikunjungi, nuansa vintage dan desain yang benar-benar unik dan keren bisa jadi alternatif dikala stress melanda


Tempat ini memiliki dua lantai, lantai kedua berisi perpustakaan dan alat-alat kuno untuk mengelola tembakau, nuansanya tetap vintage dan menenangkan.


Di museum ini juga dijelaskan loh kalau tembakau itu punya banyak segi positif, bukan cuma buat rokok dan cerutu saja. Banyak banget manfaat lainnya, kalau pengen tau datang saja. Eh ada parfum tembakau yang wanginya seger loh, bukan bau rokok yaa beda.


Penasaran? dateng aja ke jalan Kalimantan No.1. Bukanya setiap Senin - Jumat di jam kerja. Tidak ada Htm.

2. BIN CIGAR

photo by Nana W


Pas banget ya setelah liat-liat tembakau yang merupakan bahan mentah, kita langsung beralih ke BIN Cigar untuk melihat proses pembuatan cerutu. Rasanya wawasan yang kita dapat dari museum tembakau langsung tervisualisasi disini.


Disini kita langsung dipersilahkan masuk ke sebuah ruangan berAC kemudian lampu dimatikan, pintu ditutup. Gelap, dingin. Kita diputarkan sebuah video berupaa......... jengjeng

Photo by Nana W
Video tentang cara pengolahan tembakau dari pembibitan sampai berbentuk cerutu yang siap dijual. Ada bapak guide juga yang akan menjelaskan isi dari video tersebut, kamu bisa bertanya sesuka hati. Tapi harus berhubungan dengan topik yang dibahas ya, jangan nanya udah punya istri apa belom (pelakor alert)

Nah setelah menonton video, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan cerutunya. Ada yang unik dari cerutu BIN CIGAR ini. 



Photo by Nana W
Cerutu disini bukan buatan mesin yang sekedip mata langsung jadi loh. Melainkan dari tangan-tangan lembut nan ulet para pekerjanya. Fyi, semua pengerajin cerutu di perusahaan ini adalah wanita. Seperti yang sudah aku bilang tadi, proses pembuatannya memerlukan ketelatenan dan kehalusan ditambah ketulusan dari tangan ibu-ibu ini.


Photo by Nana W


Soalnya tembakau yang dipakai untuk membungkus cerutu ini rintih, gampang sobek, dan membuatnya susah, kalau kamu ngga percaya. Disini kamu bisa mencoba langsung entah membinding atau apapun yang kamu ingin coba.


photo by Nana W


Buat kamu yang ingin mencoba rasa dari cerutu, kamu bisa membelinya disini. ada Store yang menjual cerutu dengan berbagai harga. Pastinya khas dari olahan BIN CIGAR. Cerutu disini sudah di ekspor ke beberapa negara.



"Lah kok cuman dua?", Sabar-sabar. Masih banyak destinasi yang bisa jadi rekomendasi buat kamu yang mau datang ke Jember untuk berlibur seharian. Dua destinasi diatas hanya pemanasan edukatif tentang salah satu khas Jember yaitu Tembakau. 


 "Untuk destinasi yang lain?"

Tunggu Post berikutnya ya...

bersambung......


1 comment:

Powered by Blogger.