Yuk Mengintip Pembuatan Kopi dan Cokelat di Puslit Kopi dan Kakao

May 23, 2018
Hayo apa bedanya cokelat dan kakao?


Banyak temen yang suka bilang pohon cokelat gitu kan ya. Lah terus si kakao ini apa dong?
Bentar-bentar, kebingungan kamu bakal terjawab kalau kamu sempetin main ke tempat yang satu ini.
"PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO"


         

"Lah main kok ke pusat penelitian?"
Iya ya! Dulu aku juga berpikir demikian, ke pusat penelitian pasti isinya cuman laboratorium membosankan dengan alat-alat canggih pakaian putih layaknya petugas lab dan dilarang berisik.

Tapi tunggu dulu jangan generelizing dulu. Pusat penelitian yang kerap disebut dengan singkatan Puslit Koka ini menyajikan hal yang beda. Bertempat di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Puslit koka atau Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP) dikemas menjadi destinasi eduwisata yang cocok bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang kopi dan kakao, ataupun hanya sebatas berjalan-jalan melepas penat. 





Rindangnya pohon karet akan menyambut kamu saat pertama kali memasuki area ini. Memang sedikit jauh dari jalan utama, namun pemandangan yang disajikan tidak akan membuatmu bosan sampai mengumpat harus berapa jauh lagi.

Kamu cukup membayar biaya parkir saja. Untuk mengelilingi puslit koka yang luasnya sekitar 300 hektar. Kamu dapat naik semacam kereta tour yang telah disediakan, hanya dengan membayar 10ribu rupiah, kamu sudah diajak berkeliling dengan pemandu yang akan menjelaskan tentang tanaman kopi dan kakao.





Puslit Koka di Jember ini merupakan yang tertua dan terbaik se-Indonesia. Itulah mengapa di kebun kopi maupun kakao yang sangat luas ini, kamu akan ditunjukan berbagai macam kopi dan kakao dari yang lokal, persilangan dengan tanaman kopi atau kakao import, sampai yang bernilai tinggi. Pemandu juga akan menjelaskan dari proses pembibitan sampai pemeliharaan secara umum.



Di akhir tour jalan-jalan mengelilingi kebun kopi dan kakao. Tibalah waktunya menyaksikan langsung proses pembuatan kopi dan cokelat. Dari awal penjemuran hingga proses akhir pembuatan produk. Jika kamu beruntung, kamu juga dapat mencicipi langsung rasa dari buah kakao, buah kakao ya bukan buah cokelat









Disini kamu akan diajak berkeliling dan menyaksikannya dari luar ruangan yang didesain dengan kaca dan prosesnya memang benar-benar berurutan. Jadi kamu tidak dapat langsung terjun ikut mencoba proses pengolahannya ya. Harus tenaga ahli dan benar-benar steril. Kalau yang ini baru lab.





Tidak hanya menyaksikan proses pengolahan bahan mentah hingga kopi dan cokelat yang siap dijual. Di puslit koka kamu juga akan menyaksikan langsung proses pembuatan mesin-mesin canggih untuk pengolahan kopi dan kakao.

Benar-benar menyajikan edukasi yang lengkap, wawasan tentang kopi dan cokelatmu akan langsung bertambah. Bukan hanya mengerti bagaimana proses pembibitan, pemeliharaan dan panen. Kamu juga dapat menyaksikan proses pengolahannya hingga menjadi produk jadi. Ditambah melihat langsung mesin-mesin canggih yang dibuat sendiri oleh Puslit Kopi dan Kakao Jember ini.








Setelah lelah berjalan-jalan, kamu dapat bersantai sambil menikmati berbagai produk hasil olahan kopi dan kakao yang telah kamu saksikan tadi di “Outlet Kopi dan Kakao”.Outlet ini di desain menyerupai Café , menyediakan beberapa minuman dan santapan langsung. Dan pastinya berbagai produk-produk yang dapat kamu jadikan oleh-oleh. Semua yang dijual merupakan hasil olahan Puslit Koka sendiri loh.



Bagaimana?
Sudah dapat menyimpulkan bedanya kopi dan kakao?

Oh iya, kalau kamu punya cerita seru tentang perjalananmu di Puslit Kopi dan Kakao, atau di berbagai destinasi yang ada di Jember. 


Yuk ikutan lomba blog tentang traveling yang diadakan oleh Blogger Jember Sueger. Untuk info lebih lanjut bisa kamu baca disini ya




2 comments:

  1. Bbrp waktu lalu main kesini bawa rombongan wisata tour Travel Jember Malang, trs nyobain kopinya. Ternyata memang enakkk sekali, yg jenis arabica apa gt lupa, :) one of the best coffee yang pernah ak sruput.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener sekali mbak laila emang kopi disana tidak ada tandingannya. saya malah baru tau kalo ada travel yg masukin kakao di list mereka. sounds interesting

      Delete

Powered by Blogger.