Cerita Perjalanan Malang-Denpasar Kurang dari 200rb!!!

July 10, 2019
Halo teman-temanku,

Rasanya udah lama banget aku ngga nulis lagi di blog ini, udah mulai usang rupanya tempat ini. Kalau kita berteman di dunia nyata, mungkin kamu tau kenapa aku tiba-tiba menghilang, bahkan blog ini hampir berpindah tangan. I lost hope in blogging things, mungkin bakal aku ceritain nanti kalau sudah lenggang. Udah segitu dulu curhatnya.




Ini bukan clickbait kek di platform sebelah ya, ini beneran kamu bisa ke Denpasar which is in Bali cuman kurang dari 200rb aja. Ini bukan tips promo pesawat murah, jadi buang dulu ekspektasi perjalanan indah yang tinggal leha-leha. Kalau kamu mau ngikutin caraku, pastikan kamu lagi dalam keadaan sehat walafiat jasmani dan rohani karena ini lewat jalur darat, naik kaki. Eh ngga juga sih, lebay aja.
Dicatat bener-bener ya. 

1. Naik Kereta Api Tawangalun

Iya kamu harus naik kereta api dulu ke Banyuwangi. Satu-satunya kereta dari Malang yang ke arah Banyuwangi hanya KA Tawangalun aja, jadi kamu harus pesen dari jauh-jauh hari agar liburanmu ngga berantakan karena kehabisan tiket kereta. Apalagi kalau kamu berangkatnya di weekend atau hari libur nasional. 

Kita ini sudah kaum melek teknologi ya, aku saranin buat pesan langsung dari kai.id atau traveloka dan aplikasi online ticketing lainnya. Terserah sih sebahagia kamu suka yang mana. Selama ini aku selalu pesan dari aplikasi KAI Access, gampang dan bisa bayar lewat Indomart/Alfamart tanpa biaya administrasi. Harganya Rp 62.000,-



Karena stasiun di Banyuwangi itu banyak jadi jangan salah beli ya, kamu turun ditujuan akhir KA Tawangalun yaitu Stasiun Banyuwangi Baru. Berangkat dari Stasiun Malang pukul 15.55 WIB dan sampai di Banyuwangi Baru pukul 23.50 WIB. Tepat hampir tengah malem, rasanya hampir 9jam di kereta itu cukup membosankan. Makanya kamu pesen tiket dari jauh hari dan pilih tempat duduk yang nyaman, ya pastinya disamping jendela biar bisa nyandar.

Karena kemarin aku kesananya rame-rame jadi nunggu selama 9jam ya begitu membosankan, kerasa sih kerasa kalau lama, tapi ngga nganggur banget gitu. Kami bawa cemilan sendiri meskipun di kereta jual cemilan dan makanan, tapi harganya lumayan. Mendingan bawa persediaan makanan sendiri.

Nah buat kamu yang kelupaan bontot makanan, nanti dari stasiun Malang kereta akan berhenti 15-25menit di stasiun bangil buat ganti kepala. Di stasiun bangil kamu bisa keluar ke depan stasiun, banyak jajanan kok. Ada es dawet, cilok, bakso dan batagor. Aku rekomenin buat beli ciloknya, mayan ganjel perut. Jangan lupa ya tiketnya dibawa untuk masuk lagi ke dalam peron.

Tapi kalau kamu yang laper banget gitu, kamu bisa pesen makanan berat kok sekarang di kereta, menunya juga bermacam-macam. Harganya ya standard makanan di atas transportasi gitu, if you know what I meant.
Buat ngabisin waktu di kereta, kalau kamu pergi berbanyak kayak aku. Kamu bisa coba main-main game seru. Aku sama temen-temen kemarin bawa kartu remi, atau kamu bisa main game di HPmu kayak ludo, charades (ini seru parah), uno, atau werewolf. Dijamin makin ngga kerasa itu perjalanan, tau2 pantat kamu udah tipis. 

2. Naik Ferry sebagai Pejalan Kaki

Sesampainya di stasiun banyuwangi baru, disinilah petualangan dimulai. Nah dari stasiun kamu jalan aja lurus keluar gang, terus belok kanan. Pelabuhan ngga sampai 5 menit dari gang stasiun. 
Dari pintu masuk, kamu bakal liat pos2 untuk kendaraan. Sebelum pos ticketing itu, disebelah kiri ada lorong bertuliskan jalur masuk pejalan kaki. Kamu lewat dan bayar dari situ ya.

Buat yg belum pernah sama sekali naik kapal sebagai pejalan kaki pasti bingung. Karna aku sama temen-temen ngalamin sendiri itu pusingnya. Sekarang sudah sama seperti tol, kira harus bayar pake e-money. Kalau kamu udah punya, bisa langsung check saldo aja atau bikin khusus buat naik kapal ferry.

Dari lorong masuk, disebelah kiri nanti bakal ada mbak2 petugas yg sendirian. Kamu bikin disitu. Harganya 45ribu, bisa buat pp bertiga itu sudah. Nanti kamu bakal dapet kartu kek gini:




Nah aku pikir setelah dapat kartu tuh tinggal cetit2 lalu masuk gitu. Ternyata engga, sebelum antri di loket, kamu nulis dulu data diri di form depan loket. Jangan lupa bawa e-ktp yaa, atau kamu ngga bakal diperbolehkan menyebrang. Setelah mengisi barulah antri di loket. Tiket per orang kalau tidak salah sekitar Rp 6.500

Disini pusing lagi. Sebetulnya ada beberapa petugas pelabuhan yg berdiri, tapi seperti tidak memberi arahan apapun. Dari loket awalnya aku jalan ke tulisan jalur pejalan kaki. Tapi gelap bung, seperti udah ngga fungsi lagi.

source in google 
Seperti gambar diatas, seharusnya pejalan kaki itu lewat yang ada atap birunya, nah malam itu benar-benar kek gelap gitu jalurnya, dan diarahin buat lewat jalur bawah yang sama kek bus dan truck, jadi harus benar-benar hati-hati. 

Kalau kamu memang terlihat seperti backpacker dengan wajah2 cerah ceriah mungkin kamu akan ditawarin hal yg sama oleh bapak2 travel di kapal. Jadi dia bawa mobil elf kalau di tempat asalku namanya kol, dia nawarin harga antara 50-75rb ke Denpasar. Waktu itu bapak itu hanya punya satu kursi kosong, sebenernya kami juga ngga berminat, tapi karena rasa sungkan kami dengarkan saja sarannya, bapak itu menawarkan naik mobil lain, 50rb ke Denpasar. Akhirnya salah satu teman nyamperin buat lihat yg mana sih mobilnya. Sumpah ini namanya beyond expectation. Mobilnya tuh yg ini gaes:


Dalem hati dah ngomel2 yang bener aja naik truck muatan ke Denpasar. Aku perempuan lagi. Terus temen malah bilang gimana kalau tiba2 diculik terus dimutilasi. Itu hal terrandom yg kami bayangin setelah liat truck orange.

Kami bukan lagi mau liburan numpang juga. Kalau bapaknya ngga baik dan ramah paling udah kami cuekin, ya nolak aja semaunya. Tapi bapaknya tuh ramah sekali, bapak itu juga yg nunjukin jalan di depan dermaga ferry yg berangkat waktu kami bingung cari jalur pejalan kaki. Memang orang baik itu dimana-mana. Tapi ngga disaranin naik truk juga.

3. Naik bus kecil ke Ubung

Setelah bingung kek orang linglung di pelabuhan ketapang. Lagi-lagi bingung kek anak hilang di pelabuhan gilimanuk. Selain aku dan teman-teman ada 4 laki-laki lain yang jalan kaki juga. Aku sudah menaruh sedikit harapan nih kek bergumam "semoga doi dah pernah kesini". Berani deh aku nanya ke mas2 yang jalan belakangku. 

"Mas tau ngga ini jalan keluarnya kemana?"
"Ngga tau juga mbak,saya juga baru pertama kesini"

Waduh pupus harapanku, untung aja ada motor yg keluar dari pelabuhan. Akhirnya tau arah mana harusnya keluar. Setelah keluar dari dermaga, lurus saja terus ikutin palang bertuliskan terminal.

source by google

Nanti disana sudah ada bapak2 yang menawarkan bus ke ubung, ambil, karena cuman ada satu bus itu aja. Harganya Rp 50.000, busnya lumayan bagus kok, berAC juga. Tapi emang harus sabar. Bus ini berangkat sesuai jam, kalau tidak salah jam 3.15 WITA. Busnya mirip banget kek gambar diatas

Yang aku suka dari naik transportasi umum itu terkadang melihat hal-hal baru. Nah saat naik bus kecil yg laju parah kayak mau balapan drag racing. Bus ini berhenti di beberapa titik buat ngasih persembahan/sesajen. Hal yang ngga bisa aku temuin di Jawa. Yang aku suka dari Bali itu kayak gini. 

Busnya juga berhenti buat jemput beberapa penumpang langganan. Percakapan ramah antara kondektur sama penumpang pakai bahasa daerah tuh bikin suasananya makin berasa. Ya namanya juga bus kecil, nantinya kamu juga bakal merasakan desak-desakan. Bisa aja disampingmu bapak-bapak tua yang mau pergi bekerja atau kamu duduk sama ayam kek penumpang dibelakangku.

4. Naik Gocar/GrabCar

Sebenarnya sampai di Ubung bisa langsung pesan GoCar, namun karena aku menginap di Seminyak dan yang lain di Kuta. Jalanlah dulu kita ke arah Denpasar. Itu sampai sekitar jam 6.00 WITA, masih segar banget udaranya.

ngebawa tas temen dan tas kita berdua dibawain, jatuhnya malah kyk orang minggat 
Setelah jalan agak jauh dari terminal Ubung, mampir bentar buat sarapan nasi bungkus di kedai pinggir jalan. Makan nasi bungkus yg lumayan juga porsinya udah isi ayam lagi. Itu cuman sekitar 5rb-6rb aja. Udah kenyang barulah jalan lagi. 

Sebenarnya jalan-jalan gini bukan cuman buat meminimalisir biaya tapi juga buat ngabisin waktu. Percuma juga keburu ke hotel, checkin baru bisa jam 2 siang. Btw hotel tempatku menginap dapet give-away. 

Dari daerah yang aku sudah lupa namanya seingetku ya kami udah jalan lebih dari 800meter dari Ubung. Barulah kami pesan GoCar ke Seminyak. Mengeluarkan uang sekitar 48rb aja. 

Sebenarnya bisa lebih murah kalau kamu nyewa motor dan langsung diantar ke Ubung, tapi jarang ada yang mau sepertinya karena jauh, atau bisa juga nyewanya di persewaan daerah Denpasar. Jadi kamu bisa langsung jalan-jalan buat ngabisin waktu sampai bisa checkin dan istirahat. 

Nah tinggal kamu total sendiri deh berapa itu semua. Murah banget, karena yg kartu tap cash di pelabuhan bisa dibuat pp, naik Gocar nya bisa dibagi sejumlah kamu dan teman-temanmu.


Berangkat berlibur semacam ini sangat menguras tenaga, kamu benar-benar harus dalam keadaan fit atau ambruk kayak aku. Memang kelihatan gampang tinggal pindah2 transportasi, tapi tidak se-easy keliatannya ternyata. Aku maksain badan buat kuat ngerasain backpacker pertama kali. Ternyata aku tidak sekuat itu, liburan Baliku habis dengan nahan sakit asam lambung yang lumayan parah. 

Ingat ya, harus benar2 fit. Kamu bakal ngabisin sehari di transportasi. Makan dan minum harus teratur. Kamu gamau kan liburanmu kacau kayak aku, sudah menghemat uang buat berangkat, eh menghabiskan uang buat berobat. Dan ngga bisa merasakan enaknya kulineran juga. Sedih sekali. 

Kalau kamu punya cerita atau tips lain, bisa berbagi di kolom komentar ya. Semoga ceritaku bisa membantu kamu yang mau berlibur murah ke Bali. 

8 comments:

  1. pasti dapet banget feel perjalanannya itu 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak dapet banget. Kerasa beda sama naik travel

      Delete
  2. Keren banget jeee. Semoga bisa ngetrip ke tempat lain lagi yaa

    ReplyDelete
  3. Walahhh uda rakit2 ke hulu malah sakit kemudian, eniwe ak pnsaran itu patung yg jd cover dimn ya, bagus pngen kesitu jg.
    Eiya kpn k bali lagi. Kupdaran yuk

    ReplyDelete
  4. On budget banget yaaa:') kuinginnn

    ReplyDelete

Powered by Blogger.