Para Ibu Rumah Tangga, Karya dan ALfamart

August 16, 2018
Hola guys, long time no see ya!
Sudah lama rasanya tidak berkutat dengan blog piyik ini, pantes tidak berubah-ubah menjadi pitik aga besar ya nih blog, ditinggalin terus sih. 

Well, well. In this opportunity, I would love to share about something important!
Nah apakah itu?

Grab your laptop, read it carefully, it will contain of secret tips for young mom out there!




Kata siapa menjadi ibu rumah tangga hanya mengurus suami, anak dan rumah? too old style
Sekarang sudah jamanya wanita-wanita yang menjadi agen of changes ini bukan hanya menjadi ibu rumah tangga 3M (manak, masak, macak). Udah ngga jaman sis!
Sekarang udah jamannya ibu-ibu rumah tangga yang aktif menjadi entrepreneur sukses meski hanya lewat sosmed.
EH Gimana Caranya?

Alhamdulillah, aku dapet kesempatan buat ngeliput acara geng emak-emak hebat yang bersinergi dengan Alfamart dibawah naungan The Jannah Institute 


Raut wajah penuh semangat dan penasaran yang menggebu terpancar di pagi itu. Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Yosi Andika pakiding sebagai branch Manager Alfamart Jember. Nah dari sambutan awal saja sudah membuat penasaran, program Alfamart yang mana sih yang bisa membantu ibu-ibu rumah tangga untuk berbisnis?





Eh ternyata, Alfamart mempunyai program yang unik bernama "Alfamind". Yang dijelaskan dimateri kedua oleh Pak Bagus Alfian. Motto Alfamind ini menarik loh "Jualan Gampang, Pasti Untung"
Jadi Alfamind merupakan Toko ritel virtual 3D pertama di Indonesia yang berbasiskan Aplikasi di Smartphone Android.

Nah, dari motto awal saja sudah ketebak dong. Dengan program ini ibu-ibu yang sudah mulai merintis bisnis kecil-kecilan atau bahkan yang sudah grown up. Bisa langsung mendaftar menjadi owner store di Alfamind. Sangat amat mudah sekali untuk emak-emak yang ingin bisnis namun terkendala transportasi atau waktu. Bisa langsung menjajakan

 barang jualannya di Toko ritel modern milik Alfamart ini. Another happy news is ....
Sudah banya umkm lokal milik Jember yang sudah terdaftar di Alfamind.

Penjelasan tentang bagaimana kriteria dan pengajuan sebagai supplier di Alfamind dijelaskan secara terperinci oleh bu Vina sebagai Manager MD Alfamart. Semua dijelaskan secara detail mulai dari kriteria produk yang seperti apa yang cocok, bagaimana menjadi supplier dan mengajukan produk yang akan dijual dan yang terakhir adalah bussiness review.


Diacara ini tidak melulu soal teori-teori loh. Ada praktek pelatihan handycraft juga, Mbak Dewi Uji pemilik mayar shoppinglah yang menjadi narasumber dan plelatih emak-emak di sesi ini. Pembuatan craft ini juga termasuk satu langkah yang dapat memotivasi emak-emak tentang produk apakah atau karya yang seperti apa yang akan mereka jual.


Dan yang tidak kalah penting adalah sesi tips cara promo soft selling yang ampuh di social media dan blog dari Mbak Prita HW. Founder The Jannah Institute.

Karna sekarang era sudah berbeda, era digital yang masyarakatnya dituntut untuk mengikuti perkembangan. Salah satunya di aspek bisnis, masalah dagang mendagang ini memang benar-benar harus tau tips ampuhnya.

Materi soft selling ini sangat bermanfaat loh, bagaimana cara seller menjual atau mempromosikan barang namun tidak membuat konsumen merasa annoyed dan dipaksa untuk membeli. Banyak sekali social media yang bisa digunakan untuk ajang promosi.

Salah satunya yang telah dijelaskan oleh mbak Prita yaitu dengan menggunakan Social media Facebook. Facebook ini social medianya emak-emak banget. Isi dari teman SD sampai Kuliah. Nah bisa tuh dengan mempost produk milik sendiri diselipkan pada aktivitas sehari-hari.





Overall acara sharing ini sangat bermanfaat banget nih buat emak-emak kreatif dan punya semangat tinggi. Saya yang belum emak-emak aja udah terpenganga kalau sebenarnya waktu kita mau mengikuti tekhnologi yang berkembang emak-emak aja bisa jadi admin online shop. Atau bahkan hanya tinggal mengirim menjadi supllier. Dengan one click di Layar handphone bisa menghasilkan untung yang lumayan untuk mengisi dapur. 

6 comments:

  1. jd cocok buat emak2 dan calon emak yaaa zev :)

    ReplyDelete
  2. catat deh calon emak. klik hp biar dapur mengepul. hehe. salam kenal mb. pas itu pake baju apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak dania, wah sampek lupa nih aku pake baju apa waktu uti. hihi

      Delete
  3. Dengan one click di Layar handphone bisa menghasilkan untung yang lumayan untuk mengisi dapur. Wah nggak cuma dapur, buat jajan anak wkwk. Btw. Foto yang di dalam artikel itu Zevi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat jajan anak mah bisa sampek setengah tahun mbak ines. yah jadi GR nih aku disamain sama mbak2 cantik di Artikel wkwk

      Delete

Powered by Blogger.